Logo Bloomberg Technoz

Pro Kontra Perubahan Debat Capres, KPU Kumpulkan Timses Paslon

Pramesti Regita Cindy
06 December 2023 11:00

Deklarasi kampanye pemilu damai 2024 di kantor KPU, Senin (27/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Deklarasi kampanye pemilu damai 2024 di kantor KPU, Senin (27/11/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengadakan rapat koordinasi kembali soal debat capres-cawapres mendatang. Diketahui adanya perubahan dalam format debat capres sempat menjadi pro dan kontra. Rapat hari ini akan mengundang perwakilan masing-masing tim pemenangan atau tim sukses (timses) yakni paslon 01, 02 dan 03.

"Rapat koordinasi jam 2 sore hari ini," kata Komisioner KPU Idham Holik ketika dimintai konfirmasi oleh pada Rabu (6/12/2023). 

Diketahui format debat capres-cawapres sempat memicu perdebatan lantaran dari lima kali debat, tadinya dua kali khusus cawapres dalam waktu singkat berubah menjadi format lengkap tanpa debat cawapres. Hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan publik soal pihak yang meminta perubahan.

Kubu pemenangan paslon Anies-Muhaimin dan paslon Prabowo-Gibran sempat saling tuding soal permintaan ini di acara FGD yang diadakan KPU beberapa waktu lalu. 

"Kan KPU sudah menyatakan bahwa tetap ada debat cawapres, dan yang sudah hadir di dalam KPU itu dari wakil timnas Amin adalah bu Nini (Nihayatul Wafiroh), sudah menyatakan dengan jelas bahwa pasangan Amin tetap meminta ada debat cawapres, jadi itu sudah jelas," kata Kapten Tim Pemenangan Nasional (TPN) M Syaugi Alaydrus ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).