Logo Bloomberg Technoz

Lowongan Pekerjaan AS Cetak Level Terendah Sejak 2021

News
06 December 2023 09:20

Ilustrasi pekerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pekerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Pada bulan Oktober, jumlah lowongan pekerjaan di Amerika Serikat (AS) turun ke level terendah sejak awal 2021. Hal ini menggarisbawahi adanya perlambatan yang bertahap dalam pasar tenaga kerja yang diinginkan oleh Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed).

Berdasarkan data dari Biro Statistik Tenaga Kerja Lowongan Pekerjaan dan Survei Perputaran Tenaga Kerja pada Selasa, jumlah lowongan pekerjaan yang tersedia menurun menjadi 8,7 juta dari revisi turun 9,4 juta pada bulan sebelumnya. Angka tersebut di bawah perkiraan survei ekonom Bloomberg dan penurunan tersebut terjadi secara luas di berbagai sektor.

Sementara The Fed mempertahankan tingkat suku bunga tetap tinggi untuk menurunkan inflasi, para pembuat kebijakan berharap pasar tenaga kerja melunak karena berkurangnya permintaan untuk pekerja baru dibandingkan dengan perusahaan yang melakukan PHK.

Sejauh ini, upaya tersebut sebagian besar berhasil. Jumlah lowongan pekerjaan telah berkurang dari puncaknya, yaitu 12 juta pada tahun lalu. Tingkat pengangguran tetap rendah secara historis, meskipun sedikit meningkat dalam beberapa bulan terakhir.

Grafik jumlah lowongan pekerjaan. (Sumber: Bloomberg)