Logo Bloomberg Technoz

Rohingya Kian Bebani Indonesia, Pemerintah Belum Temukan Solusi

Pramesti Regita Cindy
06 December 2023 10:00

Menko Polhukam yang juga Cawapres Mahfud MD (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Menko Polhukam yang juga Cawapres Mahfud MD (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengungkapkan bahwa pemerintah sedang berupaya mencari solusi untuk menangani masalah pengungsi Rohingya yang masuk ke wilayah Aceh. 

Mahfud bahkan menyebut jumlah pengungsi Rohingya kini telah mencapai 1.478 orang. Masyarakat lokal di daerah-daerah Aceh, Sumatera Utara, dan Riau kini mulai merasa terbebani. Selama ini mereka juga memberikan bantuan kepada pengungsi ditambah ruang wilayah mereka juga akhirnya dipakai sementara oleh pengungsi yang makin bertambah.

"Jumlahnya sekarang sudah 1.478 (pengungsi Rohingya) orang, dan orang-orang lokal, orang Aceh, Sumatera Utara, Riau itu sudah keberatan ditambah terus (karena) kami juga miskin kenapa ini terus ditampung tapi gratis terus?" Kata Mahfud ketika ditemui di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam (5/12/2023). 

Mahfud juga menyoroti bahwa negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Australia, yang tidak lagi menerima pengungsi Rohingya. Di mana sebelumnya Indonesia hanya menjadi tempat transit, tetapi kemudian malah menjadi tujuan pengungsian. 

"Mereka larinya ke Indonesia. Maksudnya mau transit, tapi lama-lama jadi tempat tujuan pengungsian, bukan transit. Karena biasanya mau transit untuk ke Australia. Tapi dia (pengungsi Rohingya) berhenti di Indonesia dan tidak mau keluar lagi," imbuh Cawapres ini.