Logo Bloomberg Technoz

Imbal Hasil 10 Tahun Masuki Level Terendah 4,2%

News
06 December 2023 05:33

Ilustrasi pasar saham Amerika Serikat (AS). (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham Amerika Serikat (AS). (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News

Treasury melanjutkan kenaikannya pada Selasa usai perlambatan pasar tenaga kerja, semakin memperkuat spekulasi bahwa The Fed akan mampu menurunkan suku bunganya tahun depan untuk mencegah resesi.

Imbal hasil obligasi 10-tahun yang sempat mencapai 5% pada bulan Oktober turun di bawah 4,2% pada Selasa, menyusul data yang menunjukkan lowongan pekerjaan mencapai titik terendah sejak tahun 2021. Kekhawatiran mengenai pasar yang terlalu cepat dalam mengantisipasi pelonggaran The Fed telah muncul — menggarisbawahi risiko bagi para pedagang. 

Ini adalah pertaruhan yang akan membuahkan hasil besar jika penurunan suku bunga terjadi – atau menjadi bumerang jika pembuat kebijakan memilih untuk mempertahankan biaya pinjaman lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama.

Dalam pekan yang didominasi oleh data pasar tenaga kerja, Survei Pembukaan Pekerjaan dan Perputaran Tenaga Kerja – yang dikenal sebagai JOLTS – berada di bawah semua perkiraan dalam survei ekonom Bloomberg. Data tersebut muncul beberapa hari sebelum laporan utama penggajian – yang saat ini diperkirakan menunjukkan bahwa perusahaan menambah 187.000 pekerjaan pada November.

Pasar Tenaga Kerja AS. (Bloomberg)