Logo Bloomberg Technoz

6 Penyebab Laptop Terkena Virus dan Cara mengatasinya

Rosmayanti
05 December 2023 21:10

Ilustrasi Laptop (Lanna Apisukh/Bloomberg)
Ilustrasi Laptop (Lanna Apisukh/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Beberapa pengguna laptop atau personal desktop (PC) mungkin pernah mengalami perangkat milik mereka tiba-tiba tidak berfungsi dengan baik. Tidak jarang data atau file tersimpan tiba-tiba hilang. 

Salah satu alasannya, laptop atau PC Anda mungkin terinfeksi virus. Virus ini biasanya mengganggu kinerja atau pemrograman laptop Anda. 

Berikut adalah enam penyebab laptop terkena virus dan cara mengatasinya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/12/2023):

  1. Mengunduh file atau program dari sumber yang tidak terpercaya. Untuk kembali mengoptimalkan kerja laptop adalah dengan menghindari mengunduh file atau program dari sumber yang tidak terpercaya dan memasang antivirus yang kompatibel dan bonafit, serta selalu update antivirus tersebut.
  2. Performa dan kinerja sistem yang menurun mungkin saha karenakan laptop telah disusupi malware. Cara mengatasinya adalah dengan memasang antivirus. Langkah lain melakukan scan virus secara berkala pada laptop.
  3. Software antivirus memberikan notifikasi bahwa ada program yang mencoba terhubung ke situs web yang tidak dikenal. Maka dari itu hindari mengklik iklan yang tidak dikenal dan mencurigakan.
  4. Laptop kekurangan ruang penyimpanan pada hard drive-nya. Cara mengatasinya bisa mengaktifkan alat pembersih seperti Ccleaner, TuneUp Utility, dan lain-lain.
  5. Munculnya iklan secara tiba-tiba merupakan salah satu tanda laptop terkena virus. Cara mengatasinya adalah dengan menghindari mengklik iklan yang tidak dikenal dan mencurigakan.
  6. Laptop memulai program dengan waktu yang cukup lama. Anda bisa melakukan  defrag hard disk dan scan laptop dengan antivirus secara teratur.

Hal pertama yang harus dilakukan ketika laptop terkena virus adalah membuat backup data penting yang tersimpan di dalamnya.

Ini penting dilakukan untuk mencegah kehilangan data jika virus tidak dapat dihapus sepenuhnya. Setelah virus berhasil dihapus, matikan laptop dan restart kembali untuk memastikan bahwa virus telah benar-benar terhapus dan tidak akan muncul kembali.