Logo Bloomberg Technoz

Sementara, kembali terjadi letusan Gunung Marapi pada Senin (4/12/2023). Lalu pada hari tersebut juga terjadi letusan Gunung Anak Krakatau dengan ketinggian A050 angin mengarah ke Barat Laut. 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa sejak 2011, status Gunung Marapi di Sumatra Barat (Sumbar) adalah "Waspada" atau level 2. Dengan demikian, masyarakat tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak atau kawah gunung. Namun diketahui pada saat erupsi Marapi hari Minggu kemarin, ada 75 orang pendaki yang naik gunung.

Hingga saat ini sudah 13 orang menurut data Basarnas yang meninggal dunia. Selain itu 10 orang masih dicari.

“Ini kok tiba-tiba ada erupsi? Satu yang perlu kita pahami adalah meng-update status aktivitas gunung api di seluruh Indonesia. Gunung Marapi sejak tahun 2011 itu statusnya adalah waspada atau level 2 artinya kalau di level 2 itu masyarakat tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas dalam radius 3 km dari puncak," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam konferensi pers secara hybrid pada Selasa (5/12/2023).

(dov/ain)

No more pages