Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Antisipasi Gelombang Tinggi Selama Periode Nataru

Dovana Hasiana
05 December 2023 18:30

Ilustrasi gelombang tinggi. (Sumber: Pexels)
Ilustrasi gelombang tinggi. (Sumber: Pexels)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan opsi menunda keberangkatan kapal dalam mengantisipasi gelombang tinggi saat periode liburan Natal dan Tahun Baru 2023/2024. 

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Antoni Arif Priadi mengatakan opsi ini merupakan upaya mitigasi yang aman dan efisien dibandingkan harus mengubah rute (rerouting) kapal.  

Dia mengatakan rerouting dinilai tidak efektif dan masih ada kemungkinan kapal akan tetap menghadapi gelombang tinggi walaupun menempuh rute yang berbeda. 

“Ditunda, tapi tidak pernah muter-muter (rerouting), karena di atas kapal nanti tau angin ini arah ke mana setelah 12 jam akan pergi ke mana. Nanti kalau muter, setelah 12 jam ketemu (ombak) sama aja bohong,” ujar Antoni saat ditemui usai agenda Rakor Angkutan Laut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Selasa (5/12/2023). 

Antoni mengaku bahwa Kemenhub perlu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penundaan keberangkatan kapal demi keselamatan. Sebab, selama ini banyak masyarakat yang menuntut untuk berangkat sesuai jadwal yang telah ditetapkan tanpa mengetahui situasi gelombang di laut.