Logo Bloomberg Technoz

Pendorong utama kenaikan ini adalah ekspektasi bahwa AS akan mengizinkan  exchange-traded funds spot Bitcoin, yang berpotensi memperluas permintaan untuk token tersebut.

Korelasi Bitcoin dengan saham dan emas telah surut. (Dok: Bloomberg)

Indikator Koefisien korelasi 90 hari untuk Bitcoin dan indeks saham dunia MSCI Inc telah turun menjadi 0,18, dari 0,60 pada awal tahun. Studi serupa untuk token dan emas spot menunjukkan angka tersebut telah menurun menjadi sekitar nol dari 0,36. Angka satu menunjukkan aset bergerak searah, sementara minus satu menunjukkan aset bergerak berlawanan arah. 

Outlook AS

Pendorong khusus industri lainnya adalah regulasi. Para eksekutif kripto semakin berharap bahwa tindakan keras AS yang terburuk terhadap sektor ini telah berakhir. 

Dalam beberapa minggu terakhir, Sam Bankman-Fried dipenjara atas kasus penipuan di FTX. Sementara exchanger kripto teratas Binance dan pendirinya Changpeng Zhao diputuskan denda besar setelah pengakuan bersalah atas pelanggaran anti pencucian uang dan sanksi AS.

“Felling-nya adalah pihak berwenang dan regulator AS benar-benar telah menyampaikan pendapat mereka,” kata Lucy Gazmararian, managing partner di Token Bay Capital, di Bloomberg Television. “Kami sekarang dapat melihat lebih banyak dialog yang terjadi dengan para regulator.”

Beberapa indikator teknis, seperti pengukur momentum yang disebut indeks kekuatan relatif (relative strength index/RSI) dalam 14 hari, menunjukkan reli Bitcoin telah meregang.

Indeks ini berada di level 75, di atas level 70 yang dianggap sebagai overbought.

Pada saat yang sama, minat spekulatif dipicu oleh prediksi lampu hijau dari Securities & Exchange Commission untuk ETF Bitcoin spot AS pada bulan Januari.

Investor juga telah mengambil sikap berhati-hati atas pertaruhan penurunan suku bunga Federal Reserve tahun depan.

Broker Robinhood Markets Inc mengatakan pada hari Senin bahwa volume perdagangan kripto nosional bulan November sekitar 75% di atas level Oktober.

Apakah reli Bitcoin bertahan akan “pasti menjadi lebih jelas setelah keputusan dicapai pada ETF spot,” tulis penyedia riset Kaiko dalam sebuah catatan.

Bitcoin turun kurang dari 1% dan diperdagangkan pada US$41.772 pada pukul 10:45 waktu Singapura. Mata uang virtual lainnya seperti Ether dan BNB membukukan pergerakan kecil.

(bbn)

No more pages