Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir Sebut Indonesia Siap Dengan Energi Hijau

Tara Marchelin
28 February 2023 20:37

Menteri BUMN Erick Thohir ( Dok Sekretariat Kabinet )
Menteri BUMN Erick Thohir ( Dok Sekretariat Kabinet )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menilai Indonesia sangat siap mendukung transformasi energi hijau. Apalagi negara ini memiliki potensi energi panas bumi sekitar 24 Giga Watt.

Dengan PT Pertamina Geothermal Energi Tbk (PGEO) sebagai pemain utama renewable energy, bersama dengan PT Geo Dipa Energi (Persero) dan PT PLN (Persero), Indonesia mampu memasok energi terbarukan sebanyak 2,2 GW.

“Potensi geothermal kita kan 24 Giga Watt sekarang dengan PGE [Pertamina Geothermal Energy], nanti dengan PLN dan Geo Dipa bisa menjadi 2,2 Giga [GW]. Artinya apa? Ketika bangsa-bangsa lain mendorong kita untuk energi hijau, kita sudah punya. Tinggal dikonsolidasikan,” ucap Erick Thohir di Jakarta, Selasa (28/2/2023).

Dengan konsistensi pengembangan energi terbarukan, Erick yakin Indonesia dapat mewujudkan produk hijau. “Ketika negara lain mendorong kita [Indonesia] untuk punya green product, bisa kita sambungkan dengan pertamina, terutama dengan kilang-kilangnya. Langsung jadi green product,” ucap Erick Thohir.

BUMN melalui PGEO tercatat memiliki kapasitas terpasang panas bumi secara langsung sebesar 672 MW. Sedangkan kapasitas panas bumi lewat Joint Operation Contract (JOC) tercatat 1.205 MW. Dalam empat tahun mendatang, Pertamina Geothermal Energy menargetkan kapasitas terpasang panas bumi tumbuh menjadi 1.272 MW.