Logo Bloomberg Technoz

Pendaki Meninggal Korban Erupsi Marapi Bertambah Jadi 13 Orang

Rosmayanti
05 December 2023 12:55

Pencarian dan pertolongan oleh Tim SAR gabungan di Gunung Marapi Sumbar (Humas Basarnas)
Pencarian dan pertolongan oleh Tim SAR gabungan di Gunung Marapi Sumbar (Humas Basarnas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jumlah korban meninggal erupsi Marapi di Sumatera Barat (Sumbar) menjadi 13 orang. Sebelumnya adalah 11 orang. Jumlah korban bertambah usai dilakukan kembali pencarian dan penelusuran di sekitar Gunung Marapi yang erupsinya berdampak ke dua kabupaten yakni Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar.

"Meninggal 13 orang dengan keterangan 5 sudah dievakuasi tadi malam. Hari ini 8 proses evakuasi ke bawah," kata Humas Basarnas Pusat Arief Pratama dikutip media, Selasa (5/12/2023).

Oleh karena itu hingga saat ini 10 orang pendaki masih hilang.

Tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian para pendaki yang terjebak usai erupsi Marapi. Diketahui Gunung Marapi yang meliputi Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meletus pada Minggu petang (3/12/2023). Dari 75 pendaki yang sempat dilaporkan naik gunung, tercatat sudah 52 orang selamat kemudian 11 meninggal dan sisanya masih dicari.

Dari video yang dibagikan oleh Basarnas, medan yang dilalui dan dihadapi oleh tim sangat sulit dengan postur mendaki dan penuh debu dan asap.