Logo Bloomberg Technoz

BSSN Serahkan Laporan Investigasi Kebocoran Data ke Polri & KPU

Rosmayanti
05 December 2023 12:35

Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Serangan Hacker. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyatakan pihaknya telah menyerahkan laporan hasil investigasi dan forensik digital tahap awal kepada Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Sabtu (2/12/2023) lalu.

“Laporan yang diserahkan oleh BSSN terkait dengan dugaan bocoran data yang ada di KPU merupakan hasil analisis dan forensik digital dari sisi aplikasi dan server untuk mengetahui root cause dari dugaan insiden yang terjadi,” ungkap Juru Bicara BSSN, Ariandi Putra kepada Bloomberg Technoz, Selasa (5/12/2023).

Ariandi sampaikan bahwa laporan tersebut akan ditindaklanjuti oleh Dittipidsiber Polri dari sisi penegakan hukum dan KPU sebagai penyelenggara sistem elektronik sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

“BSSN akan senantiasa melakukan sinergi dan kolaborasi bersama KPU dan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Polri dalam pengamanan siber Pemilu 2024,” tandasnya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri, melalui Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) telah melacak dugaan kebocoran data pemilih dari situs kpu.go.id. Dalam proses penelusuran tersebut, tim siber menemukan akun peretas anonim berkode Jimbo yang diduga menjual data KPU di BranchForums.