Logo Bloomberg Technoz

Biomedical Campus Bakal Hadir di BSD City


Biomedical Campus. (Dok Sinar Mas)
Biomedical Campus. (Dok Sinar Mas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Upaya pemerintah memperkuat ketahanan kesehatan di Tanah Air melalui penambahan jumlah fasilitas penelitian medis direspons Sinar Mas Land lewat Digital Hub dengan mendirikan Biomedical Campus.

Biomedical Campus merupakan sebuah fasilitas untuk mendukung sekaligus meningkatkan kegiatan penelitian, serta mengembangkan ekosistem fasilitas kesehatan lainnya mulai dari pendidikan hingga layanan kesehatan terdepan. 

“Biomedical Campus merupakan inovasi terbaru dan komitmen dari Sinar Mas Land untuk menghadirkan sarana prasarana, sumber daya, dan layanan kesehatan di BSD City. Kami harap kehadiran Biomedical Campus dapat mendukung upaya pemerintah untuk melakukan penelitian dan pengembangan kesehatan guna memperkuat sistem kesehatan nasional dengan menghadirkan peneliti dan tenaga kesehatan berkualitas internasional,” ungkap Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land dalam keterangannya. 

“Semoga Biomedical Campus dapat menjadi magnet bagi perusahaan terkemuka dari seluruh dunia untuk menjadikan Indonesia sebagai salah satu tempat pengembangan riset dan teknologi kesehatan,” imbuhnya.

Smart Building Biomedical Campus menempati lahan seluas hampir 11.800 m2 dengan bangunan seluas sekitar 31.800 m2. Sinar Mas Land menginvestasikan dana sebesar Rp2 triliun untuk pengembangan infrastruktur ini hingga 5 tahun ke depan. Di dalamnya, terdapat sejumlah layanan utama, yakni gedung perkantoran, smart business center, experience center, makerspace serta F&B. 

Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik, cepat dan akurat, Biomedical Campus menggunakan teknologi digital twin dari Microsoft, teknologi ini mengubah manajemen pengelolaan gedung yang sebelumnya manual dan terbatas pada pemeriksaan fisik, menjadi digital, prediktif dan akurat.