Logo Bloomberg Technoz

"Meningkatnya tingkat utang menyiratkan pembayaran utang yang lebih tinggi dan membatasi ruang mereka untuk stimulus fiskal di tengah penurunan pengembalian modal," kata Lisheng Wang, ekonom di Goldman Sachs Group Inc.

Wang mengatakan PBOC kemungkinan akan mempertahankan suku bunga tahun ini, sebagian karena ekspansi utang pemerintah yang cepat, serta alasan lain, seperti ketidakpastian prospek ekonomi dan tekanan inflasi yang masih ringan.

Ukuran pendapatan pemerintah China menyusut tahun lalu untuk pertama kalinya sejak 2012 karena gangguan Covid, kemerosotan properti, dan rekor keringanan pajak, sementara pengeluaran naik 3%. Defisit fiskal melonjak, dan memaksa pemerintah untuk menjual sejumlah besar obligasi baru untuk membantu pembiayaan.

Sumber: Bloomberg

Sebagian besar utang resmi dalam beberapa tahun terakhir adalah dalam bentuk obligasi khusus yang terutama dimaksudkan untuk membayar investasi infrastruktur. Ini telah menjadi alat utama yang digunakan pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja dan memperkuat ekonomi ketika pendorong pertumbuhan lainnya seperti ekspor dan konsumsi domestik melemah.

Utang pemerintah daerah yang belum terbayar melebihi 35 triliun yuan (Rp 534.595 triliun) pada akhir tahun lalu.

Jumlah itu belum termasuk pinjaman off-balance sheet melalui pembiayaan pemerintah daerah, yang digunakan provinsi untuk membantu membiayai kebutuhan belanja mereka. Utang yang "tersembunyi" ini bisa lebih dari dua kali lipat dari kewajiban lokal resmi, menurut analis Guosheng Securities Co. Yang Yewei.

Sumber: Bloomberg

Kendala Stimulus

Para pemimpin China telah berulang kali menekankan pentingnya kesinambungan fiskal dan pengendalian risiko utang lokal. Itu berarti bahwa meskipun stimulus fiskal diperlukan tahun ini untuk membantu pemulihan ekonomi, dukungannya mungkin lebih sedikit dari sebelumnya.

"Pengawasan pemerintah pusat kemungkinan akan secara bertahap diperketat ketika pemerintah daerah mendekati ambang batas utang," kata Susan Chu, direktur senior S&P Global Ratings. “Dukungan keuangan dari pemerintah daerah terhadap badan usaha milik negara terkait akan semakin selektif.”

Beijing sedang mempertimbangkan untuk menetapkan kuota obligasi khusus sebesar 3,8 triliun yuan tahun ini, menurut laporan Bloomberg News.

Keringanan pajak juga dapat dikurangi, dengan peringatan menteri keuangan China awal bulan ini bahwa pertumbuhan pendapatan fiskal "tidak akan terlalu tinggi" meskipun basis perbandingannya rendah dari tahun lalu.

Sumber: Bloomberg

Alternatif Kebijakan

Salah satu opsi untuk menutup kesenjangan pendanaan adalah pemerintah pusat menambah pinjaman dan meningkatkan transfernya ke daerah sehingga mengurangi kebutuhan pemerintah daerah untuk menambah utang.

Para ekonom telah mendesak China untuk mengambil pendekatan ini selama bertahun-tahun karena Beijing dapat meminjam lebih murah daripada otoritas lokal dan neracanya jauh lebih sehat.

Pemerintah juga dapat meminta bank, seperti China Development Bank, untuk mengeluarkan lebih banyak, serupa dengan investasi sebesar 740 miliar yuan yang dilakukan tahun lalu.

Suku bunga yang lebih rendah juga dapat memangkas biaya pembiayaan untuk pemerintah daerah dan meningkatkan daya beli mereka, tulis Zhang Bin, seorang peneliti di Akademi Ilmu Sosial China, dalam sebuah catatan.

Dengan asumsi seluruh kewajiban sektor pemerintah adalah 82 triliun yuan, setiap pemotongan 1 poin persentase terhadap suku bunga dapat mengurangi pembayaran bunga sebesar 160 miliar yuan, tulisnya.

--Dengan asistensi Adrian Leung dan Jin Wu (News).

(bbn)

No more pages