Logo Bloomberg Technoz

Sertifikat Tanah Elektronik Diluncurkan Jokowi karena Alasan Ini

Pramesti Regita Cindy
05 December 2023 09:50

Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Penjabat Kepala Daerah Seluruh Indonesia, 30 Oktober 2023. 9Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Pengarahan Presiden Jokowi Kepada Penjabat Kepala Daerah Seluruh Indonesia, 30 Oktober 2023. 9Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sertifikat tanah elektronik diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (4/12/2023). Acara itu secara simbolik dilakukan di Istana Negara, Jakarta. Namun peluncuran ini untuk seluruh wilayah di Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Jokowi menjelaskan alasan perlunya ada sertifikat tanah yang berbentuk elektronik yang dilakukan melalui program digitalisasi tersebut.

Presiden menyebut bahwa sertifikat tanah elektronik penting dimiliki oleh masyarakat untuk mengurangi segala risiko kehilangan dan kerusakan. Selain itu juga untuk memudahkan dalam pengelolaan data.

“Saya kira ini sertifikat tanah elektronik penting karena mengurangi risiko akibat kehilangan, pencurian, kerusakan karena bencana, kebakaran, dan bencana lainnya. Dan juga dari sisi pemerintah memudahkan untuk pengelolaan data, menghemat biaya transaksi, dan juga meningkatkan kerahasiaan dan keamanan data,” ujar Presiden Jokowi di Jakarta.

Dalam peluncuran hadir yakni Ketua Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) Isma Yatun, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.