Logo Bloomberg Technoz

Mistral AI, Startup Pesaing OpenAI Raih Pendanaan Rp31 Triliun

News
05 December 2023 08:50

Prosesor dipamerkan di World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai, China, Kamis (6/7/2023). (Qilai Shen/Bloomberg)
Prosesor dipamerkan di World Artificial Intelligence Conference (WAIC) di Shanghai, China, Kamis (6/7/2023). (Qilai Shen/Bloomberg)

Mark Bergen, Benoit Berthelot and Lizette Chapman - Bloomberg News

Bloomberg, Mistral AI, pesaing utama OpenAI, sedang dalam tahap akhir untuk mengumpulkan sekitar dana sekitar €450 juta atau setara Rp7,5 triliun dari investor, termasuk Nvidia Corp. dan Salesforce Inc. Ini berlangsung dalam putaran pendanaan yang menilai valuasi startup kecerdasan buatan (artificial intelligence) asal Eropa tersebut mencapai US$2 miliar atau sekitar Rp31 triliun. 

Menurut orang-orang yang mengetahui perjanjian, kesepakatan itu mencakup lebih dari €325 juta ekuitas dari investor yang dipimpin oleh Andreessen Horowitz. Perusahaan modal ventura ini sedang dalam pembicaraan untuk menginvestasikan €200 juta dalam pendanaan, kata sumber yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena diskusi bersifat pribadi.

Nvidia dan Salesforce setuju untuk menyumbangkan €120 juta lagi dalam bentuk utang konversi. Beberapa rincian berpotensi masih berubah, kata sumber tersebut.

Menurut dokumen yang merinci ketentuan transaksi yang ditinjau Bloomberg, tiga pendiri startup tersebut setuju untuk menjual ekuitas masing-masing senilai lebih dari €1 juta sebagai bagian dari kesepakatan. Tiga orang dalam Mistral lainnya akan melepas saham milik mereka, termasuk Cedric O, mantan Menteri Prancis yang bertindak sebagai penasihat utama perusahaan tersebut. Dia  berencana untuk menjual dengan nilai hampir €1 juta.