Logo Bloomberg Technoz

Kejar Target Ekonomi Digital Rp1.690 Triliun, RI Rilis Buku Putih

Redaksi
05 December 2023 07:10

Ilustrasi Bank Digital (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bank Digital (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan meluncurkan Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital Indonesia 2030 pada 6 November 2023. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan panduan bagi transformasi digital di Indonesia

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kemenko Perekonomian Rudy Salahuddin mengatakan dokumen ini akan menjadi pedoman dan panduan bagi kementerian/lembaga dan pemangku kepentingan lain dalam melaksanakan pengembangan ekonomi digital. Selain itu, buku putih juga menjadi rujukan dalam menentukan posisi Indonesia di dunia internasional.

"Pemerintah berkomitmen mempercepat pengembangan ekonomi digital sebagai pilar strategis mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045. Komitmen ini mencerminkan fokus yang kuat pada pergeseran ekonomi menuju inovasi digital serta mendukung kondisi masyarakat yang semakin mahir digital sejak pandemi Covid-19," papar Rudy dalam keterangan tertulis, Selasa (5/12/2023).

Buku Putih Strategi Nasional Pengembangan Ekonomi Digital ini disusun melalui proses kolaborasi dengan lementerian/lembaga, otoritas terkait, akademisi, pelaku industri, serta konsultan dan beragam Focus Group Discussion (FGD), diskusi terbatas, hingga high level meeting.

Pemerintah memetakan Strategi Nasional Ekonomi Digital pada 6 pilar utama yakni: Infrastruktur, sumber daya manusia, iklim bisnis dan keamanan siber, riset, inovasi, dan pengembangan usaha, pendanaan dan investasi, serta kebijakan dan regulasi.