Logo Bloomberg Technoz

Siapkan Dana Rp750 M, Garuda (GIAA) Tender Offer Utang & Sukuk

Mis Fransiska Dewi
04 December 2023 16:29

Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Garuda Indonesia dan Citilink. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) akan melakukan pelunasan sebagian surat utang dan sukuk melalui skema tender offer kepada kreditur Garuda Indonesia dalam proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU). 

Pada Disclosure of Information pada laman Singapore Exchange ("SGX") yang dipublikasikan 1 Desember lalu, periode partisipasi dalam tender offer tersebut akan berlangsung hingga 15 Desember 2023 mendatang, dan pelunasan sebagian yang direncanakan akan dilaksanakan tanggal 21 Desember 2023.

Dalam rencana pelunasan sebagian Surat Utang dan Sukuk tersebut, Garuda Indonesia telah mengalokasikan dana sebanyak-banyaknya US$ 50 juta atau sekitar Rp750 miliar untuk nilai pokok (principal). Jumlah tersebut tidak termasuk pembayaran bunga terutang atau pembayaran jumlah distribusi periodik yang terutang yang nilainya akan ditentukan kemudian.

Alokasi dana tersebut bersumber dari kas internal Perusahaan, sejalan dengan kebijakan pengelolaan kas (cash management) Perusahaan yang salah satunya diprioritaskan untuk penyelesaian kewajiban Perusahaan kepada para kreditur. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra dalam siaran pers, Senin (4/12/2023) mengungkapkan bahwa rencana pelunasan sebagian surat utang dan sukuk ini merupakan bagian dari langkah proaktif Perusahaan untuk perbaikan kinerja ekuitas, melalui pengelolaan secara aktif atas aset, liabilitas dan ekuitas untuk mengoptimalkan efektivitas profil arus kas Perusahaan serta fundamental kinerja operasi Perusahaan.