Logo Bloomberg Technoz

Banjir Bandang Terjang Humbahas, 10 Orang Masih Hilang

Pramesti Regita Cindy
04 December 2023 17:50

Basarnas menemukan korban di banjir bandang Humbahas (Dok Basarnas)
Basarnas menemukan korban di banjir bandang Humbahas (Dok Basarnas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Banjir bandang menerjang Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara pada Jumat (1/12/2023) Sabtu (2/12/2023). Oleh karena itu hingga saat ini masih dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan. Banjir bandang menerjang pemukiman penduduk di Desa Simangulampe Kecamatan Bakti Raja, Humbahas.

Kepala Kantor Basarnas Medan Budiono mengatakan, satu korban ditemukan atas nama Tiamin Boru Sinambela (78) warga Desa Simangulampe. Jasadnya ditemukan di sekitar Hotel Senior. 

"Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia berada di sela-sela bebatuan saat pemindahan material oleh excavator. selanjutnya langsung dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Bakti Raja untuk proses lebih lanjut," kata Budiono melalui keterangan pers pada Senin (4/12/2023).

Tim SAR gabungan dilaporkan sejak Senin pagi tadi kembali melanjutkan pencarian terhadap 11 orang warga yang hilang pascabanjir bandang dan longsor. Setelah satu orang ditemukan, masih ada 10 korban lainnya yang belum ditemukan.

Basarnas menyebut bahwa tim SAR dibagi atas 3 SRU yaitu SRU I melakukan pencarian di permukaan air menggunakan perahu LCR 2 unit dan peralatan aqua eyes yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan korban didalam air. SRU II melakukan pencarian menggunakan excavator dan scouting darat di area tepi danau dan sekitar Hotel Senior. Kemudia SRU III melakukan pencarian menggunakan excavator dan scouting darat di sekitar wilayah yang terdampak banjir bandang dengan cara penyapuan satu arah dari arah timur ke barat.