Logo Bloomberg Technoz

OJK Minta Lembaga Jasa Keuangan Waspada Guncangan Ekonomi

Rosmayanti
04 December 2023 10:07

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar saat Konferensi Pers RDK Bulanan November 2023. (Tangkapan Layar Youtube OJK)
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar saat Konferensi Pers RDK Bulanan November 2023. (Tangkapan Layar Youtube OJK)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau lembaga jasa keuangan untuk terus memonitor sekaligus memitigasi potensi risiko yang timbul dari guncangan ekonomi global.

Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar melaporkan stabilitas sektor jasa keuangan nasional saat ini masih terjaga, didukung permodalan dan likuiditas yang memadai, sehingga mampu menghadapi penurunan pertumbuhan ekonomi global.

Namun, dia tetap meminta lembaga jasa keuangan untuk melakukan uji ketahanan atau stress test terhadap gejolak ekonomi yang menimbulkan gejala di pasar keuangan, serta melakukan strategi mitigasi risiko dalam jangka panjang.

"Ini untuk menjaga ketahanan permodalan dan likuiditas, sehingga sektor jasa keuangan dapat terjaga stabil dan dapat berkontribusi optimal bagi perekonomian nasional," ujar Mahendra dalam Konferensi Rapat Dewan Komisioner OJK, Senin (4/12/2023).

Dia menambahkan, langkah mitigasi diperlukan terutama demi menjaga stabilitas sektor jasa keuangan, di tengah tensi geopolitik yang masih tinggi, volatilitas harga pangan yang berpotensi mempengaruhi sektor ekonomi dan keuangan, serta ekspektasi suku bunga tinggi yang masih tinggi dalam jangka waktu lama.