Logo Bloomberg Technoz

Gencatan Senjata Israel-Hamas Usai, Emas Pecah Rekor Tertinggi

Redaksi
04 December 2023 07:30

Ilustrasi emas. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi emas. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga emas dunia kembali cetak rekor. Harga emas di pasar spot pagi ini, Senin (4/12/2023), sempat menyentuh level US$2.130,41 per ons troi, setelah sebelumnya sempat menyentuh US$2.098 per ons troi berdasarkan data Bloomberg.

Harga tersebut menguat 2,81% dibanding penutupan pada pekan lalu, di US$2.072,22 per ons troi. Harga pagi ini juga sekaligus mencetak rekor tertinggi, setelah rekor sebelumnya pecah di 2020 ketika harga emas sentih US$2.072,49 per ons troi.

Pergerakan harga emas tak lepas dari kembali meningkatnya tensi di Timur Tengah, yang diakibatkan oleh berakhirnya gencatan senjata antara Israel dan Hamas.

Israel menarik tim negosiasinya dari Qatar. Hal ini menghilangkan harapan bahwa gencatan senjata selama tujuh hari, disertai dengan pertukaran sandera dan tahanan, dapat diperpanjang. Saleh al-Arouri, seorang pejabat senior Hamas, mengatakan pada Sabtu tidak akan ada "pertukaran sandera hingga perang berakhir."

Israel mengatakan telah menyerang 400 "sasaran teroris" di Gaza, termasuk 50 di daerah Khan Younis, kota selatan di mana Israel percaya pemimpin Hamas teratas kini bersembunyi. Banyak negara, termasuk sekutu seperti AS, memperingatkan Israel agar tidak menggunakan kekuatan yang luar biasa di selatan seperti yang dilakukan di utara, di mana sebagian besar Kota Gaza dihancurkan dan ribuan warga Gaza tewas.