Logo Bloomberg Technoz

Krakatau Steel Lepas Anak Usaha Rp 3,4 T untuk Bayar Utang

28 February 2023 14:30

Fasilitas pada Krakatau Tirta Industri (Dok krakatautirta.co.id)
Fasilitas pada Krakatau Tirta Industri (Dok krakatautirta.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) membeli dua anak usaha PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) senilai Rp 3,24 triliun lewat lewat Conditional Share and Purchase Agreement (CSPA) pada 27 Februari kemarin.

Menurut Direktur Utama  Krakatau Steel, Purwono Widodo, hasil  jual beli saham tersebut akan digunakan untuk pembayaran hutang Tranche B yang direncanakan selesai pada akhir tahun 2023. Ia menambahkan, terjadi peralihan kepemilikan 70% saham di PT Krakatau Tirta Industri dan 49% saham PT Krakatau Daya Listrik, dari sebelumnya PT Krakatau Sarana Infrastruktur kepada Chandra Asri.

“Dengan adanya penandatanganan ini maka Chandra Asri menjadi pemegang saham dua anak usaha PT KSI,” kata Purwono dalam keterangan resmi, seperti dikutip Selasa (28/2/2023). Kesepakatan dilakukan antara Plt. Direktur Utama PT KSI Anton Firdaus dan Presiden Direktur Chandra Asri Erwin Ciputra yang disaksikan oleh Purwono Widodo.

Pasca transaksi diharapkan terjalin kerja sama dalam upaya peningkatan kapasitas pasokan air dan energi untuk kebutuhan industri di Cilegon dan masyarakat sekitar. Keputusan strategis Chandra Asri ini bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh aset infrastruktur, penyediaan listrik dan air yang dimiliki oleh Krakatau Daya Listrik, Krakatau Tirta Industri, dalam memenuhi kebutuhan industri di Cilegon serta mendukung kebutuhan rencana ekspansi CAP2.

“Kami juga mengharapkan agar sinergi ini dapat memberikan dampak ekonomi bagi pemangku kepentingan serta meningkatkan layanan publik seperti penyediaan listrik dan air bersih untuk industri di wilayah Cilegon serta dapat membuka lapangan kerja seiring dengan pengembangan bisnis,” kata Erwin.