Logo Bloomberg Technoz

Prabowo mengklaim telah menyiapkan peta dengan nama ‘Pohon Industri’ yang di dalamnya berisikan 21 komoditas prioritas hilirisasi. Dalam hal ini, 21 komoditas itu tidak akan diizinkan dijual murah ke luar negeri dan diolah di Indonesia. 

Komoditas itu di antaranya batubara, nikel, timah, tembaga, bauksit, besi/baja, emas perak, aspal buton, minyak bumi, gas bumi, sawit, kelapa, karet, biofuel, kayu log, getah pinus, udang, perikanan, rajungan, rumput laut dan garam. 

Prabowo mencontohkan, turunan dari 1 komoditas tembaga bisa digunakan menjadi bahan untuk industri elektronika, industri elektrikal, industri otomotif, industri kesehatan, industri alat-alat perumahan, industri kimia dan industri militer. 

“1 komoditas yang sekarang ini diambil bahan baku. Kita lihat berapa nilai tambahnya? ada yang naik 8 kali, 10 kali, 11 kali, 77 kali. Kalau naik 10 kali itu kan 1.000%, kalau naik 77 kali 7.000%,” ujarnya. 

“Barang kita dijual, diolah di situ, nilai naik 77 kali, kita yang beli. Bahan kita. Ini bangsa yang pintar atau bangsa yang apa?,” lanjutnya. 

(dov/spt)

No more pages