Logo Bloomberg Technoz

Di lain sisi, seorang warga ditemukan dengan kondisi meninggal dunia dalam upaya pencarian dan pertolongan atas peristiwa banjir bandang tersebut. 

“Warga yang meninggal dunia telah dievakuasi oleh petugas medis, atas nama Lian Lubis perempuan berusia 19 tahun, karyawan Hotel Senior,” ujar Abdul. 

Sementara, kondisi wilayah terdampak material longsor terdapat pada pemukiman warga dan fasilitas umum, seperti rumah warga 12 unit, sekolah SDN I73353 dan asrama Hotel Senior 1 unit. 

Abdul mengatakan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tetap bersiaga dengan personel dan peralatan untuk mengantisipasi potensi bahaya banjir di wilayah terdampak dan wilayah lainnya.  

Selain itu, BPBD Humbang Hansundutan dan unsur terkait masih berada di lokasi untuk melakukan upaya tanggap darurat, seperti penanganan korban luka-luka, penanganan pengungsi yang terdiri dari 50 kartu keluarga (KK) atau 200 jiwa dan mendirikan dapur umum. 

Di lain sisi, BNPB sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) pada hari ini, Minggu (3/12/2023). Kepala BNPB, Suharyanto dijadwalkan akan meninjau lokasi terdampak pada Senin (4/12/2023) dengan membawa dukungan awal berupa Dana Siap Pakai (DSP) operasional yang disesuaikan dengan hasil kaji cepat kebutuhan, tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 50 unit, sembako 200 paket, selimut 200 pcs, matras 200 pcs, velbed 200 unit, light tower 2 unit, genset 5 unit dan mesin pompa air, selang in out (stim) untuk pencarian korban, 10 unit. 

(dov/spt)

No more pages