Logo Bloomberg Technoz

"Kami akan melanjutkan perang sampai kami mencapai semua tujuan, dan tidak mungkin mencapai tujuan itu tanpa operasi darat," katanya dalam konferensi pers yang disiarkan langsung, seperti dilaporkan oleh Associated Press.

Pertempuran di wilayah selatan kini menjadi lebih sulit karena 1,8 juta warga Gaza, menurut PBB, yang harus mengungsi, kini melarikan diri ke wilayah tersebut menyusul peringatan Israel untuk menghindari pertempuran sengit di utara.

"Ketika Israel membela diri, yang penting adalah bagaimana caranya," kata Wakil Presiden AS Kamaa Harris setelah pertemuan dengan para pemimpin Arab di Dubai pada Sabtu. "Amerika Serikat dengan tegas menyatakan hukum humaniter internasional harus dihormati. Terlalu banyak warga Palestina tak bersalah yang terbunuh. Sejujurnya, skala penderitaan warga sipil, serta foto dan video yang datang dari Gaza sangat memprihatinkan."

Serangan-serangan tersebut terjadi satu hari setelah Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mendesak Israel melakukan semua yang mungkin dilakukan untuk melindungi nyawa warga sipil, saat menyelesaikan kunjungan ketiga ke wilayah tersebut sejak Oktober. Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan pada Sabtu bahwa Israel menghadapi "kekalahan strategis" dalam perangnya melawan Hamas jika Israel gagal mengindahkan peringatan terkait meningkatnya jumlah korban sipil.

(bbn)

No more pages