Logo Bloomberg Technoz

Anies: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Memburuk Era Jokowi

Mis Fransiska Dewi
02 December 2023 14:30

Capres Anies Baswedan saat dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa. (Tangkapan Layar Youtube Muhammadiyah television)
Capres Anies Baswedan saat dialog terbuka Muhammadiyah bersama calon pemimpin bangsa. (Tangkapan Layar Youtube Muhammadiyah television)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menyebut Indeks Persepsi Korupsi Indonesia pada era Presiden Joko Widodo mengalami penurunan yang signifikan.

“Dari nomor 36 tahun 2015, sekarang menjadi 34 dan itu tidak bagus,” kata Anies dalam kegiatan Foreign Policy Challenge for The Next President, Sabtu (2/12/2023).

Anies juga menyoroti adanya tantangan terhadap kondisi geopolitik di dunia. Menurut dia, saat ini banyak negara yang mulai mengarah ke prinsip nondemokrasi (kediktatoran) dan sistem less good governance.

“Kita menyaksikan bahwa terjadinya kondisi negara yang bergerak ke arah nondemokrasi, tetapi mau dibilang otoriter belum nampak dan juga bergerak ke arah less good governance, tetapi dibilang korupsi juga belum. Namun, saat ini kita juga tak lagi berada lagi di track democracy consolidation dan good governance. Ini terjadi di seluruh dunia,” tutur Anies.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga menyebut saat ini hampir 37% populasi dunia berada di dalam sistem rezim otoriter.