Logo Bloomberg Technoz

Banjir Bandang di Humbahas Sumut: 12 Orang Hilang, 1 Luka Berat

Mis Fransiska Dewi
02 December 2023 12:45

Longsor diKabupaten Humbahas, Sumatra Utara, Jumat (1/12/2023)./dok
Longsor diKabupaten Humbahas, Sumatra Utara, Jumat (1/12/2023)./dok

Bloomberg Technoz, Jakarta – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan banjir bandang telah menerjang Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara. Sebanyak 12 orang dilaporkan hilang dan 1 warga luka berat akibat musibah itu.

Bencana alam tersebut terjadi pada Jumat (1/12/2023) malam, pukul 21:25 WIB. Akibat kejadian tersebut, sebanyak 50 kepala keluarga (KK) terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman setelah rumah mereka rusak dan terdampak banjir bandang.

“Petaka itu terjadi setelah sebelumnya hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Humbang Hasundutan dalam periode yang cukup lama. Hal itu kemudian memicu terjadinya banjir bandang yang membawa bongkahan batu berukuran besar dan puing berupa batang pohon serta ranting berikut air bah bercampur lumpur,” terang BNPB dalam keterangan resmi, Sabtu (2/12/2023).

Sejauh ini, sebanyak 12 rumah tercatat rusak berat termasuk satu rumah ibadah dan satu penginapan. Selain itu satu sekolah dasar turut terdampak dan lahan pertanian seluas kurang lebih 5 hektare turut terendam banjir.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbang Hasundutan tidak menampik telah mengalami kesulitan dalam melakukan evakuasi karena material banjir bandang berupa bebatuan berukuran besar. Alat berat jenis eksavator kemudian diturunkan berikut mobil pemadam kebakaran dan ambulans untuk memudahkan proses pencarian dan pertolongan serta pembersihan material.