Logo Bloomberg Technoz

Tesla menerima pemesanan untuk kendaraan tersebut dan dua konfigurasi yang akan dikirim tahun depan, dengan perkiraan harga US$79.990 dan US$99.990. Versi yang menawarkan jarak tempuh baterai paling jauh akan menempuh jarak sekitar 340 mil dalam sekali pengisian daya, jauh lebih pendek dari 500 mil yang digembar-gemborkan perusahaan empat tahun lalu.

“Ini jauh lebih mahal daripada yang saya kira,” kata Gene Munster, seorang managing partner di Deepwater Asset Management. 

“Mereka perlu meningkatkan produksi untuk menurunkan harga, dan mereka tahu bahwa mereka tidak dapat memproduksi banyak tahun depan. Kenyataannya adalah bahwa Cybertruck belum benar-benar keluar.”

Saham Tesla turun sebanyak 2,1% sebelum dimulainya perdagangan reguler pada hari Jumat. Saham ini naik hampir 20% bulan lalu untuk mengantisipasi acara tersebut, yang disiarkan secara langsung di X, platform media sosial milik Musk.

Cybertruck menandai masuknya Tesla ke dalam pasar pickup yang menguntungkan dan sangat kompetitif di AS. Sebuah langkah yang disambut dengan berbagai macam kegembiraan, kritik, dan keraguan.

Seorang analis menyarankan minggu lalu agar produsen mobil ini membatalkan truk tersebut, dengan alasan bahwa hal itu akan mengurangi keuntungan dan mengalihkan sumber daya. Musk sendiri telah menyesalkan bahwa memproduksi pickup akan “sangat sulit.”

Musk selaku CEO sebagian besar berfokus pada keunggulan Cybertruck selama acara pengiriman, berbeda dengan penekanannya pada tantangan manufaktur selama earnings call Tesla. 

Musk memang mengatakan bahwa salah satu alasan bentuk sudut pikap adalah karena panel bodi baja tahan karatnya tidak dapat dicap, mengklaim bahwa mereka akan merusak mesin cap.

Ketika Tesla mulai menerima deposit untuk Cybertruck pada tahun 2019, mereka memasarkan dengan harga awal US$39.900 untuk versi motor tunggal dan jarak tempuh lebih dari 500 mil untuk konfigurasi tiga motor.

Demonstrasi kaca logam transparan pikap ini menjadi kacau, dengan kepala desain Franz von Holzhausen memecahkan jendela dengan bola logam.  Kali ini, Cybertruck bertahan dari lemparan bola bisbol yang dilemparkan von Holzhausen ke jendela sisi penumpang depan.

“Kami mungkin bisa menyuruh seorang pelempar bola profesional untuk melemparnya. Kaca itu kuat, pada dasarnya, itulah yang kami katakan,” kata Musk.

Tesla mengklaim bahwa Cybertruck dapat mencapai kecepatan 60 mil per jam hanya dalam waktu 2,6 detik. Ini menunjukkan sebuah video yang menunjukkan bahwa pikap ini dapat melintasi seperempat mil lebih cepat dari Porsche 911 - sambil menarik salah satu mobil sport di atas sebuah trailer.

Perusahaan mengatakan bahwa pikap ini dapat menarik hingga 11.000 pound, lebih dari Ford F-150 Lightning bertenaga baterai dan beberapa model F-150 bertenaga gas.

Cybertruck memiliki jarak bebas ke tanah 17 inci, lebih tinggi dari semua versi F-150 dan pikap listrik Rivian R1T. “Pada dasarnya ini adalah truk yang sangat berguna. Ini bukan sekadar pajangan yang megah, seperti saya.” Namun, Cybertruck termurah akan lebih mahal ribuan dolar daripada F-150 listrik kelas komersial - yang dimulai dari US$49.995 —  serta model ritel dasar mulai dari US$ 54.995.

Pada bulan Juli, Elon Musk memposting di X bahwa F-150 Lightning adalah “kendaraan yang bagus, hanya saja agak mahal.”

(bbn)

No more pages