Logo Bloomberg Technoz

Pelajaran Tutupnya Cobre Panama, RI Hati-hati Soal IUPK Tambang

Sultan Ibnu Affan
01 December 2023 16:00

Tambang tembaga First Quantum Minerals Ltd di Panama./dok. Bloomberg
Tambang tembaga First Quantum Minerals Ltd di Panama./dok. Bloomberg

Bloomberg Technoz, Jakarta – Penutupan tambang tembaga Cobre Panama akibat seteru perizinan First Quantum Minerals Ltd turut menjadi perhatian Pemerintah Indonesia.

Dalam hal ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berharap peristiwa tersebut tidak terjadi di Indonesia, yang notabene juga salah satu produsen mineral terbesar dunia.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, meski belakangan masalah perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) dengan beberapa perusahaan asing menjadi sorotan, negosiasi di Indonesia tidak sampai menemui jalan buntu seperti di Panama. 

Adapun, beberapa perusahaan tambang di Indonesia yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan terkait dengan perpanjangan izinnya misalnya PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang kontrak karyanya habis pada 2025  dan PT Freeport Indonesia (PTFI) yang IUPK-nya berakhir 2041.

“Cobre Panama ditutup gara-gara [masalah perizinan]. Kita [di Indonesia] kan enggak ada gara-gara. Kalau sampai [ada tambang di Indonesia yang] ditutup, tenaga kerjanya kasihan. Terus mau diapain mereka?” ujarnya ditemui di kantornya, Jumat (12/1/2023).