Logo Bloomberg Technoz

PeduliLindungi Berubah Jadi Aplikasi Satu Sehat Mulai Besok

Sultan Ibnu Affan
28 February 2023 11:57

PeduliLindungi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
PeduliLindungi. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah akan mengubah aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat Mobile yang akan digunakan mulai Rabu (1/3/2023). Dengan aplikasi Satu Sehat akan ada sejumlah fitur yang berubah meskipun sejumlah data yang ada di PeduliLindungi masih tersimpan.

"Jadi aplikasi menjadi namanya Satu Sehat. Selain fitur yang ada saat ini tetap ada akan ditambahkan fitur kesehatan lainnya. Kalau setting-nya auto update akan auto (jadi Satu Sehat) tapi kalau (PeduliLindungi) yang tidak (auto update) maka akan forced update," kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Nadia Tarmizi kepada Bloomberg Technoz pada Senin petang (27/2/2023).

Sementara sebelumnya dalam Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2023, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan soal rencana peluncuran aplikasi Satu Sehat tersebut.

Pengunjung memindai kode QR PeduliLindungi sebelum memasuki pusat perbelanjaan di Jakarta, Indonesia, Jumat (5/11/2021) (Dimas Ardian/Bloomberrg)

"Dengan berakhirnya Covid maka kemudian PeduliLindungi ini ditransformasi penggunaannya untuk mendapatkan, untuk menjadi salah satu individual health account. Mungkin PeduliLindungi ini akan di-download, kemudian akan digunakan oleh orang secara personal kemudian dia berobat ke rumah sakit," kata Dante di Jakarta, Kamis (23/2/2023).

Artinya nanti melalui aplikasi Satu Sehat data-data pasien di rumah sakit juga bisa diakses lewat ponsel pasien. Termasuk di dalamnya ada data resep obat apa yang pernah diresepkan, diagnosis hingga hal-hal yang diperiksa di laboratorium.