Logo Bloomberg Technoz

Anies Baswedan Pakai Pose Kemenangan di Kertas Suara Pilpres 2024

Sultan Ibnu Affan
30 November 2023 20:40

Contoh Surat Suara Pilpres 2024. (Ist)
Contoh Surat Suara Pilpres 2024. (Ist)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan seluruh pasangan capres dan cawapres telah menetapkan desain kertas suara Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Kertas suara berisi foto tiga pasangan calon tersebut akan mulai dikirim ke seluruh tempat pemungutan suara (TPS), 6-23 Desember mendatang.

Dalam kertas suara tersebut, pasangan nomor urut satu yaitu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar nampak mengenakan setelan kemeja putih, jas hitam, dan mengenakan peci. Pada jas hitam terdapat tulisan 'AMIN' yang merupakan akronim Anies-Muhaimin.

Selain pakaian, Anies-Muhaimin juga nampak menggunakan pose yang berbeda dengan pasangan calon lainnya. Mereka nampak tersenyum sambil mengangkat tangan kanan serupa hendak menyampaikan salam atau hormat.

Anies sendiri sudah pernah menggunakan pose ini. Dia menggunakan gaya tersebut saat bersama Sandiaga Salahuddin Uno maju sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Keduanya pun terpilih usai menyingkirkan dua pasangan calon lainnya yang pada kertas suara hanya menggunakan pose standard.

"Berkaitan dengan foto yang disampaikan oleh tim kampanye ke KPU, itu sudah dikembalikan kepada Paslon capres cawapres itu sendiri. Mau fotonya seperti apa, backgroundnya seperti apa," kata Anggota KPU Idham Holik kepada Bloomberg Technoz, Rabu (29/11/2023).