Logo Bloomberg Technoz

“Kami menjual dengan baik sekarang karena stok di Vietnam terbatas,” kata Chookiat, yang kelompoknya menetapkan harga 5% untuk produk pecah dan varietas lainnya setiap minggunya.

Pergerakan harga beras dunia./dok. Bloomberg


India meningkatkan pembatasan ekspor pada akhir Juli dan diperkirakan akan terus menerapkannya hingga tahun depan karena Perdana Menteri Narendra Modi berupaya mengendalikan harga domestik menjelang pemilu.

Langkah-langkah tersebut menghasilkan serangkaian kesepakatan pasokan dan diplomasi karena konsumen utama mengkhawatirkan pasokan.

Beras sangat penting bagi pola makan miliaran orang dan menyumbang sebanyak 60% dari total asupan kalori masyarakat di beberapa wilayah Asia Tenggara dan Afrika. Kenaikan harga telah memicu inflasi yang lebih tinggi di negara pembeli utama, yaitu Indonesia dan Filipina.

Munculnya El Niño, yang biasanya membawa kondisi yang lebih kering ke wilayah-wilayah berkembang di Asia, diperkirakan akan semakin mengurangi pasokan.

Produksi Thailand diperkirakan akan menurun sebesar 6% pada tahun 2023-2024 karena fenomena iklim, sementara Vietnam mengarahkan beberapa petani untuk menanam tanaman baru mereka sebagai peringatan dini akan risiko kekeringan.

(bbn)

No more pages