Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno Kecam Netanyahu yang Ingin Lanjutkan Perang di Gaza

Redaksi
30 November 2023 15:30

Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengecam pernyataan Presiden Israel Benjamin Netanyahu yang ingin melanjutkan perang setelah kesepakatan gencatan senjata berakhir. Saat ini, Hamas dan Israel sepakat untuk memperpanjang jeda perang hingga Jumat.

Hal itu disampaikan oleh Retno saat menghadiri pertemuan Dewan Keamanan PBB (DK PBB) di Markas Besar PBB terkait Gaza. Menlu mengaku tidak paham dengan jalan pikiran Netanyahu.

"Saya kutip pernyataan PM Netanyahu yang mengatakan bahwa operasi militer akan dilakukan kembali dengan kekuatan penuh pada saat truce (gencatan senjata) selesai. Saya sampaikan saya tidak dapat memahami pernyataan semacam ini," ungkap Retno dalam rilis resmi Kementerian Luar Negeri.

"Saya juga tidak bisa memahami jika DK PBB membiarkan ancaman terhadap kemanusiaan ini pada akhirnya menjadi kenyataan. DK PBB harus dapat mencegah agar kekerasan tidak terulang kembali di Gaza," lanjutnya.

Menlu Retno juga menyampaikan kekhawatiran terkait situasi di Tepi Barat. Serangan di kawasan tersebut terus meningkat, bahkan ketika kesepakatan gencatan senjata sedang berjalan.