Logo Bloomberg Technoz

Ukraina Krisis Tentara, Wajib Militer jadi Dilema Bagi Zelenskiy

News
30 November 2023 14:00

Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)
Pameran tank dan kendaraan militer Rusia yang hancur dipamerkan di Kyiv, Ukraina, Senin (21/8/2023). (Andrew Kravchenko/Bloomberg)

Volodymyr Verbianyi dan Daryna Krasnolutska - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy sedang menghadapi tekanan dari militer untuk segera menandatangani undang-undang baru yang mengubah batas usia wajib militer di negara tersebut. Usulan untuk mengubah batas usia wajib militer dari 27 tahun menjadi 25 tahun sudah disampaikan sejak Juni lalu. 

Namun Zelenskiy pekan lalu meminta pemerintah dan para petingginya untuk membuat paket yang lebih komprehensif, yang lebih baik disesuaikan dengan negara yang kelelahan akibat perang dan bersiap untuk musim dingin pertempuran berikutnya. Ia kembali menunda cetak biru yang telah disetujui oleh parlemen Ukraina untuk menurunkan usia wajib militer bagi pria yang tidak memiliki pengalaman militer menjadi 25 tahun dari sebelumnya 27 tahun. 

"Undang-undang itu seharusnya sudah berlaku, parlemen sepenuhnya mendukungnya," kata Roman Kostenko, anggota parlemen di komite pertahanan parlemen, dalam sebuah wawancara.

"Wajib militer berlangsung dengan susah payah sekarang."