Logo Bloomberg Technoz

Menlu Retno Sebut Indonesia Siap Kirim Kapal Rumah Sakit ke Gaza

Delia Arnindita Larasati
29 November 2023 12:10

Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)
Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB. (Dok. Kemlu RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkap rencana Indonesia untuk mengirim kapal rumah sakit ke Palestina, setelah Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza tak lagi berfungsi.

Hal itu disampaikan Retno melalui jumpa pers secara daring yang dilakukan setelah dia berbicara di Sidang Majelis Umum PBB pada Selasa (28/11). Retno mengatakan telah menyampaikan upaya yang bisa dilakukan dunia untuk membela keadilan dan kemanusiaan di Palestina, dan mengungkap upaya yang sudah dilakukan oleh Indonesia termasuk salah satunya terkait bantuan kemanusiaan.

"Bantuan kemanusiaan masih diperlukan di Gaza. Kita perlu meningkatkan bantuan kemanusiaan. Negara dunia harus membantu lembaga kemanusiaan agar dapat membantu 1,7 juta pengungsi di Gaza," ungkap Retno.

"Dari sisi Indonesia, komitmen Indonesia untuk meningkatkan bantuan termasuk kesiapan mengirimkan kapal rumah sakit," lanjutnya.

Retno juga menyerukan tiga poin lain yang bisa dilakukan dunia untuk membela keadilan dan kemanusiaan di Palestina. Pertama dengan mendesak gencatan senjata secara permanen.