Logo Bloomberg Technoz

"Hari ini, tepatnya Rabu, 29 November 2023, pukul 14.00 WIB dijadwalkan pelantikan Kepala Staf Angkatan Darat oleh Presiden di Istana Negara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden, AAGN Ari Dwipayana pada saat dihubungi Bloomberg Technoz pada Rabu (29/11/2023).

Namun saat ditanyakan apakah yang akan dilantik adalah Maruli Simanjuntak, Ari tak menjawab dengan gamblang.

"Mengenai siapa KSAD yg baru, kita tunggu aja ya," lanjut dia.

Posisi KSAD diketahui kosong usai Jokowi melantik Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, menggantikan Laksamana Yudo Margono. Posisi tersebut akan diisi oleh sejumlah perwira tinggi TNI AD yang memiliki pangkat bintang tiga atau letnan jenderal.

Sementara mantan KSAD yang juga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan soal kualifikasi calon Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) yang akan menggantikan dirinya belum lama lagi. 

"KSAD itu calonnya bintang tiga yang (mumpuni). Bintang tiga yang menduduki jabatan yang strategis," kata Agus usai ditetapkan DPR sebagai Panglima TNI di Gedung Nusantara II DPR-RI Senayan Jakarta, Selasa (21/11/2023). 

Lebih lanjut dirinya menyebut bahwa seseorang yang menjabat sebagai KSAD atau Wakil KSAD merupakan orang-orang yang telah melewati promosi jabatan bintang dua. Biasanya merupakan Panglima Kodam (Pangdam) yang berprestasi. 

"Mau jadi WaKSAD? Ya begitu. Bintang dua yang mumpuni, biasanya Pangdam yang menonjol, Pangdam yang berprestasi. Kemudian KASAD juga begitu," sambungnya. 

(ezr)

No more pages