Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Tak Stabil karena OPEC+ Belum Tangani Sengketa Kuota

News
29 November 2023 05:39

Ladang minyak bumi. (Dok: Bloomberg)
Ladang minyak bumi. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg , Harga minyak menjadi fluktuatif karena perundingan OPEC+ belum terealisasi dengan sukses. Selain itu belum ada tanda-tanda solusi terhadap perselisihan mengenai tingkat produksi di beberapa negara.

OPEC+ belum mampu menyelesaikan kebuntuan mengenai kuota produksi minyak di beberapa negara Afrika, kata para delegasi. Kebuntuan ini mungkin tidak bisa terselesaikan sebelum pertemuan OPEC+ yang dijadwalkan pada 30 November, bahkan berpotensi tertunda.

Dalam sesi OPEC+ yang cukup panas, harga minyak mentah Brent yang menjadi patokan global naik 1,3% dan kemudian diperdagangkan lebih tinggi lagi.

Sementara itu kontrak berjangka secara luas telah bergerak menjelang pertemuan OPEC+ yang direncanakan pada hari Kamis. Para pemain industri minyak menunggu untuk melihat keputusan kebijakan apa yang akan dicapai mengenai tingkat produksi tahun depan. 

Diketahui bahwa salah satu kendala yang dihadapi adalah kuota produksi untuk negara-negara anggota Afrika, Nigeria dan Angola, yang sering kali mengalami kekurangan produksi belakangan ini.

Data minyak sebelum pertemuan OPEC (Bloomberg)