Logo Bloomberg Technoz

Anthoni Salim dikabarkan akan menambah porsi kepemilikannya di PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

Berdasarkan informasi dari pelaku pasar, rumor ini muncul usai terus naiknya harga saham PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) hingga berhasil masuk jajaran Indeks MSCI. Gain triliunan dari kenaikan harga saham AMMN ini yang akan dialihkan untuk menambah porsi saham di BUMI.

Saat ini, pemegang saham terbesar BUMI adalah Mach Energy (Hongkong) Limited, dengan porsi kepemilikan 45,78%. 

Susunan pemegang saham Mach Energy (Hongkong) Limited sendiri terdiri atas PT Bakrie Capital Indonesia (BCI) dengan kepemilikan saham sebesar 42,50%, Clover Wide Limited dengan kepemilikan saham sebesar 15% dan merupakan pihak yang dikendalikan oleh Agoes Projosasmito, serta Mach Energy (Singapore) Pte Ltd (MEPL) dengan kepemilikan saham sebesar 42,50%. MEPL merupakan pihak yang dikendalikan oleh Anthoni Salim. 

Anthoni Salim kabarnya berencana menambah porsi kepemilikan Mach Energy di Bumi Resources (BUMI) menjadi lebih dari 51%.

Agoes Projosasmito yang juga menjabat Wakil Direktur Utama BUMI mengatakan, setidaknya sampai hari ini, pihak Mach Energy belum memiliki rencana untuk menambah kepemilikannya di BUMI.

"Peluang ke sana [menambah porsi kepemilikan di BUMI], sampai dengan hari ini, belum ada," ujarnya kepada Bloomberg Technoz, Kamis (23/11/2023).

Pihaknya saat ini akan lebih dulu fokus untuk mengembangkan BUMI terlebih dahulu. Alih-alih BUMI, Mach Energy saat ini justru tengah memantau aset lain untuk diakuisisi. 

"Kalau mungkin dapat aset lain, supaya kami bisa melakukan diversifikasi usaha," imbuh Agoes.

(red)

No more pages