Logo Bloomberg Technoz

Pasar terus menanti perkembangan kasus Binance, dimana permohonan Jaksa federal atas Zhao terbaru dikabulkan Hakim Distrik AS Richard Jones. Akhirnya Zhao tertahan di Amerika dan tidak bisa kembali ke rumahnya di Uni Emirate Arab (UEA).

Pada awalnya CEO dan founder Binance ini dibebaskan untuk bepergian, termasuk kembali ke UEA dalam putusan. Namun, hakim menangguhkan putusan tersebut, meski awalnya CZ, panggilan populer Zhao, dianggap tidak berisiko melarikan diri.

Dalam keputusan bersalah tersebut, Zhao mundur dari kursi CEO sebagai bagian dari pengakuan kesalahan atas tuduhan kriminal AS. Keputusan hakim terbaru dinilai mengejutkan, dan jauh dari pernyataan majelis hakim federal sebelumnya yang mengatakan, “Berdasarkan semua fakta yang relevan, termasuk penyerahan diri secara sukarela dari Zhao, niatnya untuk menyelesaikan kasus ini, dan paket jaminan yang cukup besar yang dia ajukan, Zhao tidak memiliki risiko untuk melarikan diri, bahkan ketika berada di UEA.”

Perjalanan investigasi Binance oleh Departemen Kehakiman AS. (Dok: Bloomberg)

Changpeng Zhao setuju membayar sebesar US$175 juta, dan dengan uang tunai US$15 juta yang disimpan sebagai jaminan. Nilai yang harus dibayar ini untuk menjamin hadirnya Changpeng Zhao saat penjatuhan hukuman.

Putusan sebelumnya CZ dan Binance diminta membayar denda dan penyitaan  masing-masing US$50 juta dan US44,3 miliar. Zhao secara teoritis menghadapi hukuman 10 tahun penjara tetapi diperkirakan mendapat potongan hingga tidak akan lebih dari 18 bulan.

Kasus-kasus Binance di berbagai negara

(wep)

No more pages