Logo Bloomberg Technoz

Imelda juga menyarankan membeli dolar atau SAR dengan menyisihkan 10% dari penghasilan setiap bulan atau dari setiap penghasilan yang masuk.

“Niat kan untuk disisihkan. Hitung besarannya dari perkiraan besarnya biaya itu dalam berapa tahun yang akan datang (sesuai target waktu rencana berhaji). Sisihkan investasi secara disiplin dan teratur,” tambah Imelda.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memberikan skema baru Haji 2024. Calon jemaah haji harus lolos tahapan kesehatan istitha’ah sebelum melakukan pelunasan biaya haji ditanggung jemaah sebesar Rp56,04 juta.

Kalau belum memenuhi istitha’ah, kata Yaqut, calon jemaah akan mendapatkan tahapan penanganan (treatment) tertentu. Bila calon jemaah belum memenuhi istitha’ah pada tes kesehatan berikutnya, keberangkatan akan ditunda pada tahun berikutnya. 

Istitha’ah haji jadi syarat pelunasan. Kalau haji sebelumnya bayar dulu habis itu diperiksa kesehatan. Sekarang cek kesehatan, kalau memenuhi istitha’ah dia (bisa) melakukan pelunasan,” ujar Yaqut usai rapat kerja bersama Komisi VIII, di Kompleks Parlemen, Senin (27/11/2023). 

“Kalau belum istitha’ah, akan treatment tertentu dan sampai nanti diputuskan dicek berikutnya apakah bisa berangkat atau tetap belum istitha’ah, kalau belum ditunda tahun berikutnya,” lanjutnya. 

(spt)

No more pages