Logo Bloomberg Technoz

Alibaba Tutup Laboratorium Kuantum dalam Rangka Efisiensi

News
27 November 2023 19:00

Ilustrasi Alibaba.. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi Alibaba.. (Dok: Bloomberg)

Jane Zhang - Bloomberg News

Bloomberg, Alibaba Group Holding Ltd telah menutup laboratorium penelitian komputasi kuantumnya. Sebuah tanda bahwa operator e-commerce dan cloud China tersebut sedang mempertimbangkan pemangkasan pegawai lebih lanjut untuk memperkuat hasil keuangan.

Seorang juru bicara perusahaan mengatakan pada hari Senin bahwa Alibaba akan menyumbangkan peralatannya ke Universitas Zhejiang di Hangzhou, tempat perusahaan tersebut berbasis. 

Penutupan laboratorium ini akan mengakibatkan kehilangan sekitar 30 staf, beberapa di antaranya mungkin akan dibantu oleh Alibaba untuk menemukan posisi di perguruan tinggi yang sama, kata seseorang yang akrab dengan masalah tersebut, namun meminta untuk tetap tidak disebutkan namanya saat membahas keputusan pribadi.

Pemimpin e-commerce China sedang dalam proses perubahan besar yang dipimpin oleh Joseph Tsai dan Eddie Wu, dua sahabat dekat pendiri Jack Ma yang mengambil alih perusahaan pada bulan September. Bulan ini, keduanya mengumumkan bahwa mereka membatalkan spin-off dan penawaran saham yang sangat dinanti-nantikan dari divisi layanan cloud, keputusan yang memicu spekulasi tentang perubahan lain dalam rencana jangka panjang Alibaba.