Logo Bloomberg Technoz

Keberadaan dan aktivitas Ma telah menjadi bahasan yang seru sejak 2020, ketika dia mundur dari pusat perhatian setelah Beijing menindak dua perusahaannya - Alibaba dan Ant Group - sebagai bagian dari tindakan pemerintah China mengendalikan sektor swasta yang semakin kuat.

Ma, sejak itu mencurahkan sebagian besar waktunya untuk kegiatan pertanian melalui yayasannya. Dia bergabung dengan beberapa pengusaha terkenal dari perusahaan seperti Tencent Holdings hingga Meituan yang telah menyumbangkan sejumlah besar dana untuk inisiatif "kemakmuran bersama" Partai Komunis. Pemerintahan Xi Jinping dalam beberapa tahun terakhir telah menjadikan peningkatan daerah pedesaan terbelakang sebagai salah satu pilar upaya partai.

Pada Maret lalu, Ma mengunjungi sebuah sekolah di Hangzhou dalam kunjungan publik yang diatur dengan hati-hati. Hal ini dianggap sebagai tanda bahwa dia mulai kembali melakukan kegiatan publik.

Dia sebagian besar berfokus pada proyek-proyek di bidang pertanian dan pendidikan, yang merupakan salah satu bidang yang disukainya.

Pejabat senior yayasannya memegang jabatan tinggi di perusahaan Ma yang baru dibuat, menurut South China Morning Post.

Seorang perwakilan Alibaba mengarahkan permintaan tanggapan Bloomberg ke Jack Ma Foundation, yang tidak menjawab permintaan komentar.

(bbn)

No more pages