Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Antam Hari Ini Tetap Rp1,11 Juta saat Emas Dunia Naik

Muhammad Julian Fadli
27 November 2023 11:55

Produk emas Antam Logam Mulai seri khusus. (Dok logammulia.com)
Produk emas Antam Logam Mulai seri khusus. (Dok logammulia.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Harga Logam Mulia yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) atau Antam tidak mengalami perubahan alias stagnan di angka Rp 1,11 juta/gram pada Senin (27/11/2023), di tengah kenaikan harga emas dunia yang melaju ke harga tertinggi sejak Mei.

Adapun harga buyback emas Antam tercatat Rp 1.009.000 /gram. Harga buyback juga tidak mengalami perubahan dibandingkan kemarin. 

Pergerakan lebih positif terjadi pada harga emas dunia yang justru mengalami penguatan 9,29 poin atau setara dengan kenaikan 0,46% ke posisi US$ 2.010,11/ons di pasar spot. Harga emas dunia memang dalam tren kenaikan.

Harga Emas di Pasar Spot (Bloomberg)

Tren kenaikan harga emas dipicu oleh pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) searah dengan terus melonjaknya ekspektasi terhadap Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) untuk melonggarkan kebijakan moneter di tahun depan, dengan memulai pengguntingan suku bunga acuan secara cepat.

Tingkat suku bunga yang lebih rendah bagus bagi pergerakan harga emas yang sejauh ini merupakan kelas aset yang tidak menghasilkan imbal hasil (Yield).