Logo Bloomberg Technoz

Harga Emas Melambung Terbantu Prediksi The Fed Gunting Bunga 2024

News
26 November 2023 20:30

Ilustrasi emas. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi emas. (Dok: Bloomberg)

Sybilla Gross and Eddie Spence - Bloomberg News - 

Bloomberg, Harga emas dunia berada di jalur yang tepat untuk memastikan keuntungan berturut-turut dalam dua pekan terakhir, terimbas pelemahan dolar Amerika Serikat (AS) sejurus dengan kecenderungan pelaku pasar menaikkan ekspektasi terhadap Federal Reserve untuk melonggarkan moneter tahun depan.

Emas menyentuh level US$2.000 per troy ounce akibat kejatuhan tajam dolar AS bulan ini. Pelemahan ekonomi AS yang terlihat dari berbagai data ekonomi yang sudah diriis menambah ekspektasi pasar bahwa The Fed kemungkinan akan memulai pengguntingan bunga acuan secara cepat tahun depan.

Tingkat bunga acuan yang lebih rendah bagus bagi pergerakan harga emas yang sejauh ini merupakan kelas aset yang tidak menghasilkan imbal hasil atau yield. Dolar AS yang lebih lemah membuat emas juga lebih murah bagi para pembeli di negara selain Amerika. Pergeseran outlook itu mendorong kegairahan transaksi di pasar Exchange Trade Fund yang berbasis emas.

Berdasarkan data yang dirilis oleh S&P Global, rekrutmen tenaga kerja di AS menurun terutama di sektor jasa dan manufaktur pada November lalu, pertama kalinya sejak pertengahan 2020 di tengah tingkat permintaan yang masih hangat dan kenaikan biaya.