Logo Bloomberg Technoz

Bawaslu Minta Jajaran Patroli Medsos, Adukan ke Kominfo

Dinda Decembria
26 November 2023 11:00

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Bloomberg Technoz/Pramesti Regita Cindy)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja meminta seluruh pengawas pemilu di daerah sigap mengawal pelanggaran kampanye di media sosial. 

Seluruh panwas (panitia pengawas) didorong aktif mengadukan akun media sosial bermasalah--berkaitan pelanggaran kampanye-- kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

"Masing-masing jajaran pengawas pemilu daerah membuat strategi khusus untuk pengawasan kampanye di media sosial media, identifikasi tagar populer, akun-akun yang berpotensi menyebarkan informasi palsu dan tren yang mungkin perlu diawasi," ujar Rahmat Bagja dalam konsolidasi Bawaslu di Jakarta, Minggu (26/11/2023).

"Kehadiran Menkominfo di sini untuk memastikan bapak/ibu mempunyai koordinasi langsung dengan Kominfo. Jika ada media sosial bermasalah ada akun-akun bermasalah laporkan kita punya satuan tugas untuk pengawasan di media sosial," kata Bagja menegaskan.

Bagja mengingatkan kepada jajarannya dalam pengawasan pemilu tingkat daerah mau pusat berfokus pada ruang publik. Pengawasan, kata dia, juga bisa dilakukan melalui pemantauan dalam partisipasi pertemuan, debat calon dan  kampanye