Logo Bloomberg Technoz

Intensitas Hujan Mulai Tinggi, Banjir Kepung Banyak Wilayah RI

Pramesti Regita Cindy
25 November 2023 14:30

Pendirian tenda pengungsian akibat kebakaran depo Pertamina. (Dok Badan Penanggulangan Bencana Daerah)
Pendirian tenda pengungsian akibat kebakaran depo Pertamina. (Dok Badan Penanggulangan Bencana Daerah)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mengakhiri bulan November, sejumlah titik di Indonesia terpantau dikepung oleh banjir. 

Berdasarkan pantauan pada Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB sejumlah tempat di pulau Sumatera terdampak oleh banjir, diantaranya sebanyak 13.531 jiwa dan 251 diantaranya mengungsi akibat banjir dengan ketinggian mencapai 30-40cm di Provinsi Aceh Selatan pada Kamis (23/11/2023). 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bahkan telah mengerahkan perahu karet untuk evakuasi, serta pemberian bantuan pangan  kepada warga terdampak banjir di lokasi pengungsian. 

Masih di Provinsi Aceh, akibat banjir pada Rabu (22/11/2023) dengan ketinggian air mencapai 50-100 cm, 14 desa di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh terendam, sehingga membuat 2.381 rumah dan 20 unit faslitas pendidikan tidak bisa ditempati ataupun digunakan. BPBD setempat kini masih melakukan penanganan dan pemantauan di lokasi. 

Sementara di Provinsi Sumatera Utara, akibat hujan lebat, sebanyak 25ha lahan persawahan warga terendam akibat banjir, di Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Banjir ini terjadi pada Rabu (22/11/2023). Dengan tinggi muka air mencapai 40cm, sedikitnya 96 jiwa turut terdampak dan 24 unit rumah terendam. BPBD kabupaten Deli Serdang sendiri masih melakukan pemantauan, pendataan lokasi mutakhir, hingga penanganan.