Logo Bloomberg Technoz

Asia Agri International Tender Offer Saham BEEF

27 February 2023 13:02

Armada PT Estetika Tata Tiara Tbk (Dok kibif.com)
Armada PT Estetika Tata Tiara Tbk (Dok kibif.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemegang saham pengendali PT Estetika Tata Tiara Tbk (BEEF) berganti. Kini penguasaannya dipegang oleh Asia Agri International Pte. Ltd. dengan kepemilikan 590 juta lembar BEEF atau setara 31,31% dari total saham ditempatkan dan disetor.

Berdasarkan keterangan Corporate Secretary BEEF Ratna Sari Ismianti, seperti dikutip Senin (27/2/2023), dengan terjadinya perubahan pemegang saham ini perseroan wajib menggelar penawaran tender wajib (MTO).

"Akan melaksanakan penawaran tender wajib sebagaimana diatur dalam POJK No. 09/2018," tulis direksi Asia Agri International dalam keterangan resminya. Pengumuman pengambilalihan saham BEEF hari ini juga jadi perhitungan harga pelaksanaan tender wajib sesuai dengan yang disyaratkan.

Harga saham BEEF pada sesi 1 perdagangan hari ini berada pada posisi Rp 65/lembar atau turun 3 poin (4,4%) dibandingkan harga penutupan sebelumnya. Sepanjang satu tahun terakhir, saham BEEF diperdagangkan pada kisaran Rp 55 hingga Rp 67.

Asia Agri International membeli saham BEEF dari dua pemegang saham sebelumnya, PT Tigatunggal Adimulya dan PT Brida Makmur Nusantara. Pembelian dari Tigatunggal Adimulya sebanyak 360 juta lembar dengan harga Rp 58/lembar. Total transaksi mencapai Rp 20,88 miliar. Pembelian selanjutnya dari Brida Makmur Nusantara dengan harga yang sama dengan total saham 230 juta lembar. Total transaksi Rp 13,34 miliar.