Logo Bloomberg Technoz

Qatar mengatakan Hamas akan membebaskan kelompok sandera pertama sekitar pukul 4 sore waktu lokal. Tidak jelas berapa banyak dari 50 yang akan dirilis pada saat itu.

Dimulainya gencatan senjata ditunda satu hari karena kedua pihak mengadakan perundingan pada menit-menit terakhir menyusul kesepakatan awal pada Rabu dini hari.

Jeda ini menandai jeda besar pertama dalam pertempuran sejak konflik dimulai pada 7 Oktober. Pada hari itu, Hamas, yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh AS dan Uni Eropa, menyerang komunitas Israel selatan dan pangkalan militer dari Gaza, serta menewaskan sekitar 1.200 orang.

Israel membalasnya dengan pemboman besar-besaran di Jalur Gaza, yang berpenduduk sekitar 2,3 juta jiwa. Mereka juga melancarkan serangan darat di bagian utara pada akhir Oktober. Hampir 15.000 orang telah tewas di Gaza sejak perang dimulai, menurut kementerian kesehatan yang dikelola Hamas.

Penundaan kesepakatan tersebut menggarisbawahi sulitnya mencapai terobosan antara kedua pihak yang bertikai.

Meski demikian, Israel mengatakan jeda perang ini bukan berarti Israel tidak akan melanjutkan perang sampai Hamas hancur.

“Perang belum berakhir,” kata juru bicara militer Israel pada Jumat pagi. “Jeda kemanusiaan hanya bersifat sementara.”

(bbn)

No more pages