Logo Bloomberg Technoz

Bos BJB Ungkap ICBC Kuasai Transaksi Keuangan Whoosh

Rosmayanti
24 November 2023 13:20

Logo kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana
Logo kereta cepat Jakarta-Bandung WHOOSH./Bloomberg Technoz-Dovana Hasiana

Bloomberg Technoz, Padalarang - Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB) Yuddy Renaldi mengatakan transaksi keuangan Kereta Cepat Whoosh saat ini masih dikuasai oleh bank asal China, yakni Industrial and Commercial Bank of China (ICBC).

BJB berkeinginan menjadi bank yang bertanggung jawab atas semua transaksi di Whoosh. Karenanya, Yuddy bilang tengah berkomunikasi dengan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

“Kami sudah bertemu dengan direksinya Whoosh, ini uangnya dikuasai oleh China, ICBC, tapi transaksional (dipegang) banking,” ujar Yuddy dalam media briefing Perbanas di Padalarang, Kamis (23/11/2023).

Dia melanjutkan bahwa BJB saat ini menyediakan pembayaran tiket Whoosh, baik melalui QRIS maupun kartu, tetapi aliran transaksi masih berada di bawah kendali ICBC.

"Whoosh ini agak kompleks, uangnya dikuasai oleh bank China ya, ICBC kalau enggak salah, jadi uangnya sepenuhnya dikontrol ICBC, tapi transactional banking bisa kita lakukan, dan BJB sudah ada di sana melalui QRIS maupun dengan beberapa transaksi sifatnya melalui kartu,” ungkapnya.