Logo Bloomberg Technoz

Jawaban Orang Dekat Anthoni Salim Soal Isu Penambahan Saham BUMI

Mis Fransiska Dewi
24 November 2023 10:50

Aktivitas penambangan PT Bumi Resources Tbk (Dok bumiresources.com)
Aktivitas penambangan PT Bumi Resources Tbk (Dok bumiresources.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Agoes Projosasmito buka suara soal isu rencana penambahan porsi saham Mach Energy (Hongkong) Limited di PT Bumi Resources Tbk (BUMI).

"Peluang ke sana [menambah porsi kepemilikan di BUMI], sampai dengan hari ini, belum ada," ujarnya kepada Bloomberg Technoz, dikutip Jumat (24/11/2023).

Seperti diketahui, pelaku pasar yang mengetahui rencana ini mengatakan jika Anthoni Salim melalui Mach Energy berencana menambah porsi kepemilikan di BUMI menjadi lebih dari 51%. Saat ini, Mach Energy merupakan pemegang saham terbesar BUMI dengan porsi kepemilikan 45,78%. 

Susunan pemegang saham Mach Energy sendiri terdiri atas PT Bakrie Capital Indonesia (BCI) dengan kepemilikan saham sebesar 42,50%, Clover Wide Limited dengan kepemilikan saham sebesar 15% dan merupakan pihak yang dikendalikan oleh Agoes Projosasmito, serta Mach Energy (Singapore) Pte Ltd (MEPL) dengan kepemilikan saham sebesar 42,50%. MEPL merupakan pihak yang dikendalikan oleh Anthoni Salim.

Agoes menambahkan, pihaknya saat ini akan lebih dulu fokus untuk mengembangkan BUMI terlebih dahulu. Alih-alih BUMI, Mach Energy saat ini justru tengah memantau aset lain untuk diakuisisi.