Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Perluas Program BBM Satu Harga ke Papua dan Maluku

Sultan Ibnu Affan
24 November 2023 08:00

Ilustrasi Harga BBM (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Harga BBM (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Sorong - Pemerintah bakal memperluas pelaksanaan program Bahan Bakar Minyak Satu Harga di wilayah Timur Indonesia, yakni ke Papua dan Maluku.

Perluasan itu ditandai dengan rencana peresmian secara serentak di 26 terminal bahan bakar minyak (TBBM) BBM Satu Harga oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif didampingi Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Erika Retnowati  untuk wilayah Papua dan Maluku yang dipusatkan di TBBM Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (24/11).

Rinciannya, sebanyak 25 penyalur BBM Satu Harga juga diresmikan di tiga lokasi lain, yakni di TBBM Krueng Raya Aceh (9 penyalur), SPBU 5685806 Kabupaten Alor (11 penyalur), dan SPBU 66735002 Kabupaten Kapuas (5 penyalur).

"Ini bagian dari upaya pemerintah mempermudah akses energi ke seluruh masyarakat yang berada di remote area. Keterjangkauan ini akan memberikan dampak pemerataan pembangunan ekonomi yang nyata," ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi dalam siaran resmi, Jumat (24/11/2023).

Adapun, Program BBM Satu Harga telah ditata dalam Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan Secara Nasional.